Jumat, 20 April 2018

ITSM (Information Technology Service Management)

Microsoft Operation Framework

Pengertian Microsoft Operations Framework (MOF)

MOF adalah sekumpulan prinsip, teknik, dan model teruji di lapangan (best practices) untuk mengelola layanan TI, dengan tujuan:
  • Mencapai target service levelavailability, reliability, supportability, managability.
  • Menciptakan infrastruktur TI yang adaptif.
Salah satu best practice yang merupakan produk dari Microsoft adalah Microsoft Operation Framework (MOF). MOF  memiliki siklus hidup yang menyerupai siklus hidup seperti dalam pengembangan sistem informasi atau yang sering kita sebut Systems Development Life Cycle (SDLC). MOF dikembangkan dari IT Infrastructure Library dari OGC di Inggris. MOF  terdiri dari 4 tahapan dalam siklus hidupnya, 3 tahapan merupakan tahap yang sedang terjadi di dalam siklus tersebut sedangkan 1 tahapan lain merupakan tahapan dasar yang terjadi di setiap tahapan lainnya. Tahapan yang terjadi di dalam siklus hidup MOF yaitu, perencanaan, penyampaian, operasional, dan pengelolaan.

Salah satu implementasi MOF  yaitu perancangan helpdesk yang nantinya menjadi IT service center sebagai support operasional terhadap infrastruktur yang akan di upgrade.

MOF mudah diterapkan di suatu organisasi jika SDM di organisasi tersebut memiliki kesadaran penuh akan manfaat MOF di masa yang akan datang dan kepatuhan dalam mengimplementasikannya.

Prinsip Dasar MOF :
  • Kegiatan yang terstruktur
  • Memudahkan koordinasi dan perencanaan.
  • Penyempurnaan iteratif dengan siklus cepat.
  • Manajemen berbasis review (evaluasi)
  • Review dilakukan pada akhir tahapan-tahapan dalam siklus iterasi.
  •  Aspek manajemen resiko terkandung dalam prosedur pengelolaan.

 Struktur MOF





Tahapan Siklus Hidup MOF

Siklus hidup MOF 4.0 terdiri dari tiga tahapan yang sedang berlangsung dan satu tahapan dasar yang beroperasi di seluruh semua tahapan antara lain:
a. Tahap Perencanaan Tahap ini bertujuan untuk merencanakan dan mengoptimalkan strategi layanan TI dalam rangka mendukung tujuan bisnis dan tujuan.

 b. Tahap Penyampaian Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan TI yang dikembangkan secara efektif, dikerahkan berhasil, dan siap untuk dioperasikan.

 c. Tahap Operasional Tahap ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan TI dioperasikan, dipelihara, dan didukung dengan cara yang memenuhi kebutuhan bisnis dan harapan.

 d. Tahap Pengelolaan Tahap ini bertujuan untuk memberikan prinsip operasi dan best practice untuk memastikan bahwa investasi di TI memberikan nilai bisnis yang diharapkan serta dapat menangani risiko. Tahap ini berkaitan dengan tata kelola TI, risiko, kepatuhan, peran dan Tahapan proses ini berlangsung di setiap tahapan di dalam siklus hidup MOF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar