Kamis, 05 Juli 2018

Mengenal E-Commerce


Pertanyaan orang yang belum mengerti apa itu e-commerce? Didalam istilah bahasa inggris ini diartikan pedagangan elektronik yang dimaksud adalah sebuah pemasaran barang atau jasa dengan sistem elektronik melalui internet dan biasa dipakai seperti website. Dalam hal ini e-commerce memiliki konten yang melibatkan data / sistem / manajemen secara otomatis. Industri ini akan melibatkan transaksi seperti transfer dana, pemasaran online, jual beli , dan lain sebagainya. 
Apa saja yang kita dapatkan dari e-commerce? Dalam pemasaran global anda dapat meningkatkan penjualan dan meminimalikan biaya dalam promosi, persediaan, pemasaran, dan proses dalam penjualan online. E-commerce salah satu alat bisnis untuk meningkatkan pemasaran online anda. Kesempatan yang anda miliki untuk memperluas area penjualan anda sangat besar. Ini dapat anda jadikan sara segmentasi untuk penjualan online karena setiap daerah akan memiliki kapasitas pemasaran yang berbeda-beda maka dari itu anda dapat memaksimalkan penjualan dengan target tertentu. Jika anda sedang memulai usaha maka e-commerce sangat tidak melihat dimana besar usaha anda akan tetapi dimana anda mencari peluang untuk bersaing di pasaran online.
Efesiensi dalam kecepatan bertransaksi e-commerce memang lebih di sukai banyak pengusaha karena persediaan akan selalu ada karena cepatnya waktu dan pengiriman menggunakan jasa pengiriman dipermudah. Lalu lintas bisnis online saat ini mengandalkan kecepatan dan ketepatan bertransaksi jika anda masih menggunakan bisnis trandisonal akan ketinggalan oleh pesaing anda.
E-commerce dapat mengembangkan bisnis anda secara inklusif terdahap kegiatan jual-beli, saat anda konsisten dalam hal ini pelanggan anda akan merasa nyaman dan terus tertarik dengan bisnis anda itu akan menjadi keuntungan anda di masa depan. 
Jenis-Jenis E-commerce
Ada beberapa jenis e-commerce yang paling sering dipilih, antara lain:
  • E-commerce business to business (B2B)
    Jenis bisnis B2B ini dilakukan oleh orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, di mana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.

    Biasanya, jenis B2B dilakukan secara berkelanjutan karena kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan dan adanya kepercayaan satu sama lain. Contoh dari bisnis B2B adalah ketika dua perusahaan mengadakan transaksi jual beli secara onine, begitu juga dengan pembayaran yang tersedia menggunakan kartu kredit.
  • E-commerce business to consumer (B2C)
    Jenis e-commerce B2C adalah bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen. Sebagai contoh, produsen menjual produk ke konsumen secara online. Di sini, pihak produsen akan menjalankan bisnis dengan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali. Artinya, produsen hanya memasarkan produk atau jasa, sementara pihak konsumen hanya sebagai pembeli atau pemakai.
  • E-commerce consumer to consumer (C2C)
    Jenis e-commerce consumer to consumer dilakukan antara konsumen dengan konsumen.  Misalnya, konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali produk ke konsumen lainnya.
  • E-commerce consumer to business (C2B)
    Jenis C2B adalah bisnis antara konsumen dan produsen. Bisnis tersebut dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk atau  jasa. Sebagai contoh, konsmen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang diinginkan secara online kepada para produsen. Nantinya, produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen.
Manfaat E-commerce
Ada beberapa manfaat e-commerce, yaitu:
  • Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen.
  • Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa.
  • Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.
  • Mempermudah proses penjualan dan pembelian.
  • Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online.
  • Mempermudah penyebaran informasi.
Keuntungan E-commerce
Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari e-commerce. Salah satunya adalah menjual produk atau jasa secara online tanpa harus mendirikan tooko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha. Hanya dengan memanfaatkan jaringan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa kepada konsumen kapanpin dan di manapun.
Keuntungan lainnya adalah kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemaaran barang juga jauh lebih menguntungan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk melakkan promosi. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa Anda secara meluas ke masyarakat.
Demikian ulasan mengenai e-commerce, manfaat dan keuntungannya. Bisnis e-commerce adalah salah satu bisnis yang menjanjikan sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Jika Anda sudah memiliki rencana untuk membangun toko online, tapi tidak tahu bagaimana memulainya, Anda bisa mengandalkan jasa e-commerce enabler seperti 8commerce. 8commerce adalah end-to-end e-commerce enabler Indonesia, mulai dari pengembangan e-commerce dan sistemnya, pemasaran digital, logistik, dan e-commerce fulfillment.

Source : https://www.kompasiana.com/hasanjoearmstrong/apa-itu-e-commerce-dan-untungnya-bagi-kita_58ff0cbf1fafbdfb72be8e0d
https://www.kompasiana.com/novikristiadi/5992634e93be2508e06c5402/e-commerce-manfaat-dan-keuntungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar