Kamis, 05 Juli 2018

Pengenalan Bluetooth

Apakah anda tau bluetooth itu apa? Pastinya tau dong. Bluetooth itu merupakan teknologi nirkabel untuk mentransfer data antara dua perangkat yang berdekatan satu sama lain. Dan biasanya ini digunakan untuk mengirim dan menerima file dari dua nirkabel yang telah terhubung. Namun satu-satunya batasannya adalah dapat digunakan secara efektif pada jarak maksimum 100 meter. Bluetooth tidak dapat tersambung dengan jarak yang sangat jauh, karena itu tidak akan menemukan koneksi yang akan dicarinya.
Penggunaan yang paling umum terlihat di pasar ponsel. Semua smartphone utama yang beredar saat ini dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan ini memungkinkan perangkat untuk melakukan sinkronisasi dengan beberapa perangkat lain di sekitar dan bertukar data. Nah, disini saya akan membahas lebih dalam mengenai bluetooth tersebut, ikutin terus yah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Bluetooth?


Bluetooth adalah teknologi dimana perangkat berkomunikasi tanpa kabel untuk mencapai transfer data dengan kecepatan 720 kbps dalam jarak 10 sampai 100 meter. Biasanya, Anda bisa menggunakannya untuk mendownload foto dari kamera digital ke PC, untuk menghubungkan mouse nirkabel ke laptop, untuk menghubungkan headset, handsfree ke ponsel Anda sehingga Anda dapat berbicara dan mengemudi dengan aman pada saat yang bersamaan dan begitu seterusnya Gadget elektronik yang bekerja dengan cara ini memiliki antena radio terintegrasi (pemancar dan penerima) sehingga mereka dapat secara bersamaan mengirim dan menerima sinyal nirkabel ke perangkat Bluetooth lainnya.
Gadget yang lebih tua dapat dikonversi untuk bekerja dengan Bluetooth menggunakan adaptor plug-in(dalam bentuk stik USB, kartu laptop PCMCIA dan sebagainya). Kekuatan pemancar mengatur rentang di mana perangkat Bluetooth dapat beroperasi dan umumnya perangkat dikatakan termasuk dalam salah satu dari tiga tingkatan: Yang pertama adalah yang paling kuat dan dapat beroperasi hingga 100m (330ft), kedua ( jenis yang paling umum) beroperasi sampai 10m (33ft) dan yang ketiga paling tidak kuat dan tidak jauh melampaui 1m (3.3ft).
Kita semua terbiasa dengan komunikasi nirkabel sekarang, meski kita tidak selalu menyadarinya. Penerima radio dan pesawat televisi mengambil program yang disiarkan dalam gelombang ratusan radio (mungkin bahkan ribuan) km / mil melewati udara. Telepon tanpa kabel menggunakan teknologi serupa untuk membawa panggilan dari handset ke stasiun pangkalan di suatu tempat di rumah Anda. Semua teknologi ini melibatkan pengiriman informasi berulang-ulang tidak sesuai dengan kabel tembaga namun dalam gelombang radio berdengung tanpa terlihat melalui udara.

Sejarah Bluetooth


Pada tahun 1993, seorang insinyur komunikasi nirkabel di Ericsson bernama Jaap Haartsen ditunjuk untuk mengembangkan koneksi jarak pendek untuk telepon seluler yang memungkinkan fungsi baru dan menarik. Anda tahu, saat itu, kabel merupakan penghalang yang luar biasa pada sistem komunikasi. Hal ini terutama berlaku untuk instrumen yang hanya perlu berkomunikasi satu sama lain dalam jarak dekat namun memerlukan banyak penyiapan. Dan pada tahun 1995, Haartsen meminta bantuan sesama insinyur Sven Mattison dan mereka sama-sama berhasil mengembangkan apa yang kemudian dikenal sebagai tautan multi komunikator, atau tautan MC singkatnya.
Tapi sementara keduanya sering dikreditkan dengan Bluetooth, itu adalah CTO Ericsson yang pertama kali memulai pengembangan teknologi ini, empat tahun sebelum menunjuk Haartsen ke tugas tersebut. Tentu saja, sejumlah orang yang berbeda mengerjakan proyek ini, masing-masing dengan kontribusi mereka sendiri. Selama beberapa tahun ke depan, Haartsen terus bekerja pada apa yang sekarang dikenal sebagai teknologi Bluetooth. Tapi untuk memahami semua itu, pertama-tama kita harus membangun pemahaman dasar tentang bagaimana Bluetooth beroperasi.
PertamaBluetooth menggunakan teknologi yang sekarang dikenal sebagai teknologi radio short-link.Ini beroperasi pada pita 2,4 hingga 2,485 GHz yang tidak berlisens dan menggunakan radio untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan antara dua perangkat atau lebih. Dasarnya didasarkan pada teknologi yang disebut frequency-hopping spread spectrum (FHSS), yang pertama kali dijelaskan dalam paten 1942 oleh aktris Hedy Lamarr dan komposer George Antheil yang ingin menciptakan jalan untuk mencegah torpedo yang dipandu oleh radio agar macet.
Hal yang menarik, yang pastinya merupakan salah satu kontributor terbesar teknologi yang berkembang pesat adalah kenyataan bahwa jaringan ini dapat menangani hampir semua hal termasuk suara dan data. Sejarah Bluetooth mungkin tidak begitu menarik seperti beberapa teknologi lain, seperti ponsel atau laptop namun ini menunjukkan kepada anda bahwa teknologi yang sekarang ada di mana-mana tidak selalu memiliki jalur yang mudah. Dari perkembangan awalnya hingga pembentukan SIG Bluetooth dan penerapan teknologi yang meluas, satu-satunya faktor yang tetap sama adalah yang paling sederhana: jika orang menghargai teknologi yang ditawarkan, kemungkinan besar akan menemukan jalannya ke tangan konsumen.

Perkembangan Bluetooth

Bluetooth sering kali sulit untuk digunakan: seperti teknologi nirkabel apa pun, ini adalah penguras baterai lain untuk perangkat seluler; Anda bisa melangkah keluar dari jangkauan, membuat komunikasi tidak menentu atau tidak mungkin; dan bahkan mendapatkan dua perangkat Bluetooth untuk saling berbicara di tempat pertama tidak selalu sesederhana yang seharusnya. Dunia perangkat mobile berubah saat kita bergerak menuju Internet Things (dimana semua jenis benda sehari-hari menjadi terhubung dengan bersih) – dan Bluetooth harus terus berkembang agar tetap terjaga.
Mengakui kebutuhan untuk menghubungkan berbagai perangkat yang semakin meningkat, lebih cepat dan lebih aman, pengembang Bluetooth secara teratur menghasilkan versi yang lebih baik. Pertama, ada Bluetooth BR / EDR (Basic Rate / Enhanced Data Rate, secara teknis Bluetooth Version 2.1), menawarkan konektivitas yang lebih sederhana antara perangkat dan keamanan yang lebih baik. Selanjutnya datanglah Bluetooth Highspeed (Bluetooth Version 3.0), yang menawarkan komunikasi lebih cepat dan konsumsi daya yang rendah. Baru-baru ini, telah memiliki Bluetooth Smart atau Bluetooth Low Energy (yang secara teknis disebut Bluetooth Version 4.0+).
Seperti yang disarankan oleh nama-nama ini, versi ini lebih baik dalam menghubungkan perangkat yang lebih sederhana, menggunakan lebih sedikit daya dan lebih mudah digabungkan ke dalam aplikasi mobile (iOS dan Android).

Cara Kerja Bluetooth?


Bluetooth mengirim dan menerima gelombang radio di sebuah berkas dengan 79 frekuensi (saluran) yang berbeda berpusat pada 2,45 GHz, terpisah dari radio, televisi dan telepon seluler dan dipesan untuk digunakan oleh gadget industri, ilmiah dan medis. Jangan khawatir: Anda tidak akan mengganggu mesin pendukung kehidupan seseorang dengan menggunakan Bluetooth di rumah Anda, karena daya pemancar Anda yang rendah tidak akan membawa sinyal Anda sejauh itu.
Ketika sekelompok dua atau lebih perangkat Bluetooth saling berbagi informasi, mereka membentuk semacam jaringan komputer mini ad-hoc yang disebut piconet. Perangkat lain bisa bergabung atau meninggalkan piconet yang ada kapan saja. Satu perangkat (dikenal sebagai master) bertindak sebagai pengontrol keseluruhan jaringan, sementara yang lain (dikenal sebagai budak) mematuhi instruksinya. Dua atau lebih piconet terpisah juga bisa bergabung dan berbagi informasi yang membentuk apa yang disebut scatternet.
Nah, tentang bagaimana Bluetooth bekerja. Bluetooth Special Interest Group mengelola dan memelihara Standar Bluetooth. IEEE telah menerimanya sebagai standar 802.15la. Bluetooth dikembangkan dengan tujuan menciptakan protokol nirkabel digital tunggal, yang mampu menghubungkan beberapa perangkat dan mengatasi masalah sinkronisasi di antara keduanya. Ini memungkinkan komunikasi nirkabel jarak pendek sehingga mengganti kabel yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat.
  • Transmisi Jarak Jauh
Bluetooth RF transceiver terletak pada lapisan fisik. Ada 79 kanal Bluetooth berjarak 1MHz terpisah. Teknologi spread spectrum digunakan pada lapisan fisik. Baik transmisi suara dan data jarak jauh dimungkinkan, menciptakan PAN nirkabel.
  • Instruksi untuk Berkomunikasi
Perangkat Bluetooth terdiri dari adaptor. Adaptor Bluetooth dapat dipasang ke perangkat atau bisa dalam bentuk kartu yang terhubung ke perangkat. Instruksi dimasukkan ke perangkat, yang memungkinkannya berkomunikasi dengan perangkat lain.
  • Segmentasi Paket dan Reassembly
Saat perangkat berada dalam jangkauan masing-masing radio, manajer tautan mereka saling mengenal satu sama lain. Link management protocol (LMP) bergerak dalam pertukaran pesan peer-to-peer. LMP layer melakukan setup link dan negosiasi ukuran paket. Segmentasi dan reassembly dari paket dilakukan, jika diperlukan.
  • Sambungan Sets Up
Protokol pengiriman layanan memungkinkan perangkat Bluetooth untuk bergabung dengan piconet. Perangkat menanyakan layanan apa yang tersedia dengan piconet. Bluetooth GlobalID (identifikasi unik untuk setiap perangkat di jaringan) dipertukarkan di antara perangkat. Profil mereka dicocokkan dan sambungan sudah diatur.
  • Transfer sinyal
Bluetooth menggunakan frekuensi hopping dalam slot waktu, yang berarti bahwa sinyal Bluetooth menghindari gangguan pada sinyal lain dengan melompat ke frekuensi baru setelah transmisi atau penerimaan setiap paket. Satu paket bisa menutupi hingga lima slot waktu. Bluetooth dapat mendukung saluran data asinkron, atau sampai 3 saluran suara sinkron simultan, atau saluran, yang secara bersamaan mendukung data asinkron dan suara sinkron.
  • Master Slave
Teknologi Bluetooth memanfaatkan konsep master dan slave. Perangkat harus menunggu sampai tuan mengizinkan mereka untuk berbicara! Satu master dan sampai tujuh budak menggunakan topologi bintang untuk membentuk piconet dan mulai berkomunikasi satu sama lain.

Apakah Bluetooth Aman?

Nirkabel selalu kurang aman dibanding komunikasi kabel. Ingat bagaimana film mata-mata tua digunakan untuk menunjukkan agen rahasia memasuki kabel telepon untuk mendengar percakapan orang? Merusak komunikasi kabel relatif sulit. Menguping pada wireless jelas jauh lebih mudah karena informasi adalah heboh bolak-balik melalui udara terbuka. Yang harus Anda lakukan adalah berada dalam jangkauan pemancar nirkabel untuk mengambil sinyalnya. Jaringan internet nirkabel dienkripsi (gunakan komunikasi acak) untuk mengatasi masalah ini.
Seberapa amankah Bluetooth? Seperti Wi-Fi, komunikasi juga dienkripsi dan ada banyak fitur keamanan lainnya. Anda dapat membatasi perangkat tertentu sehingga mereka hanya bisa berbicara dengan perangkat terpercaya lain atau perangkat tertentu saja, misalnya membiarkan ponsel Anda dioperasikan hanya dengan headset, handsfree, Bluetooth dan tidak ada perangkat milik orang lain. Ini disebut keamanan tingkat perangkat. Anda juga dapat membatasi hal-hal yang dapat dilakukan gadget Bluetooth berbeda dengan perangkat lain menggunakan apa yang disebut keamanan tingkat layanan.
Penjahat semakin canggih setiap saat; Anda mungkin pernah mendengar tentang bluebugging (orang-orang yang mengambil alih perangkat Bluetooth Anda tanpa sepengetahuan Anda), bluejacking (di mana orang mengirim pesan ke perangkat orang lain, sering untuk keperluan periklanan) dan bluesnarfing (mendownload informasi dari perangkat orang lain menggunakan koneksi Bluetooth) dan pasti ada lebih banyak cara hacking ke jaringan Bluetooth yang masih punya berbagai cara untuk datang kembali.
Umumnya, meskipun, Anda memberi tindakan pencegahan yang masuk akal dengan menggunakan perangkat Bluetooth di tempat umum, keamanan seharusnya tidak terlalu mengkhawatirkan Anda.

Keuntungan dan Kerugian


Penggunaannya yang paling umum terlihat di pasar ponsel. Semua smartphone utama yang beredar saat ini dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan ini memungkinkan perangkat untuk melakukan sinkronisasi dengan beberapa perangkat lain di sekitar dan bertukar data. Teknologi ini juga sangat populer di tablet, laptop, netbook, headset Bluetooth untuk ponsel, printer, konsol video game, pemutar DVD dan remote TV. Ada sejumlah area lain yang diimplementasikan juga dan hanya masalah waktu sebelum teknologi benar-benar merangkum kehidupan sehari-hari kita.
Orang yang rutin menggunakannya benar-benar bersumpah dengan hal itu, terutama karena kecepatan transfer data yang disediakan sangat mengesankan. Karena beberapa perangkat dapat saling berkomunikasi dengan mudah, hampir tidak ada masalah kompatibilitas saat menggunakannya dan ini membuatnya menjadi prospek yang lebih menarik. Namun, terlepas dari semua ini ada beberapa keterbatasan juga dan ada beberapa orang yang merasa ada area tertentu yang dapat diperbaiki.

Keuntungan dari Bluetooth


Teknologi nirkabel, mudah digunakan dan tidak dikenai biaya.
  • Bluetooth tidak memerlukan garis pandang dengan jelas antara perangkat yang disinkronkan. Ini berarti perangkat tidak perlu saling berhadapan dan juga memungkinkan untuk melakukan transfer saat kedua perangkat berada di ruangan terpisah.
  • Fakta bahwa teknologi ini tidak memerlukan kabel adalah sesuatu yang membuatnya begitu populer. Dengan begitu banyak perangkat yang melanda kehidupan kita hari ini, kebutuhan akan teknologi semakin ketat.
  • Kisaran maksimum yang ditawarkannya adalah 100 meter, namun rentang ini tidak sama untuk semua koneksi serupa. Itu tergantung pada sifat perangkat dan versi yang mereka operasikan.
  • Daya pengolah dan daya baterai yang dibutuhkan agar beroperasi sangat rendah. Ini menjadikannya alat yang ideal untuk perangkat elektronik begitu banyak, karena teknologinya bisa diimplementasikan dengan cukup baik dimana saja.
  • Salah satu keuntungan utama adalah kesederhanaan penggunaannya. Siapa pun bisa mengetahui cara mengatur koneksi dan menyinkronkan dua perangkat dengan mudah. Apalagi teknologi ini benar-benar bebas untuk digunakan dan tidak memerlukan biaya yang harus dibayarkan ke penyedia layanan manapun.
  • Kemungkinan jaringan nirkabel lainnya mengganggu Anda sangat rendah. Ini karena sinyal wireless bertenaga rendah yang diadopsi teknologi dan juga karena sesuatu yang dikenal sebagai frequency hopping.

Kekurangan dari Bluetooth

  • Meskipun kecepatan transfer mengesankan sekitar 25 Mbps, beberapa teknologi lain seperti Wi-Fi Direct dapat menawarkan kecepatan hingga 250 Mbps. Ini adalah area yang bisa diperbaiki dalam waktu dekat.
  • Penggunaan baterai selama satu kali transfer diabaikan, namun ada beberapa orang yang membiarkan perangkat dihidupkan di perangkat mereka. Ini pasti memakan baterai perangkat dan menurunkan masa pakai baterai dengan cukup.
  • Meskipun keamanannya bagus, bahkan lebih baik lagi di Wi-Fi Direct. Hal ini dapat dipertanggungjawabkan pada kisaran Bluetooth yang relatif lebih banyak dan juga kurangnya penglihatan. Seseorang yang tahu cara hack jaringan semacam itu bisa melakukannya.
Pada akhirnya poinnya cukup tidak merata dan manfaat teknologinya dengan mudah lebih besar daripada aspek negatif lainnya. Bluetooth banyak digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia dan ini pasti akan menyebar lebih jauh seiring berjalannya waktu. Kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang ditawarkannya tak tertandingi dan hanya masalah waktu sebelum gadget dan perangkat elektronik di rumah anda memanfaatkan teknologi ini.

Apakah Bluetooth lebih baik atau lebih buruk dari Wi-Fi?

Orang sering bingung untuk membandingkan Bluetooth dan Wi-Fi karena, pada pandangan pertama, mereka sepertinya melakukan hal yang serupa. Sebenarnya, mereka sangat berbeda. Bluetooth terutama digunakan untuk menghubungkan komputer dan perangkat elektronik secara ad-hoc dalam jarak yang sangat dekat, seringkali hanya untuk komunikasi singkat atau sesekali menggunakan sejumlah data dalam jumlah relatif sedikit. Ini relatif aman, menggunakan sedikit tenaga, terhubung secara otomatis dan secara teori hanya menyajikan sedikit atau tidak ada risiko kesehatan.
Wi-Fi dirancang untuk menjelajah sejumlah besar data antara komputer dan Internet, seringkali jaraknya lebih jauh. Ini bisa melibatkan keamanan yang lebih rumit dan umumnya menggunakan kekuatan yang jauh lebih tinggi, sehingga bisa dibilang menyajikan risiko kesehatan yang sedikit lebih besar jika digunakan dalam waktu lama. Bluetooth dan Wi-Fi adalah teknologi pelengkap, bukan saingan dan Anda dapat dengan mudah menggunakan keduanya sekaligus untuk membuat gadget elektronik Anda bekerja lebih nyaman untuk Anda.
Itulah sedikit penjelasan mengenai bluetooth tersebut. Nah,, sekarang anda sudah lebih tau kan sebenarnya bluetooth itu seperti apa. Semoga setelah membaca artikel di atas, dapat berguna dan menambah pengetahuan anda. Terima kasih.
Source : http://www.artbymagi.com/info/mengenal-lebih-dalam-apa-itu-bluetooth/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar