Kamis, 05 Juli 2018

Sejarah Android

Siapa yang tidak tahu sistem operasi Android? Mungkin hampir setiap manusia di bumi ini sudah menggunakan smartphone dengan sistem operasi kepunyaan Googleyang satu ini kan?.
Tapi, apa kamu semua tau sejarah dari pembuatan sistem operasi Android sampai sebesar sekarang ini? Siapakah pendirinya? Dan apa kamu tau jika sebenarnya Android dulunya bukan milik Google?

Sejarah Dibentuknya Android

sejarah-android-judul
Nah, buat kamu yang belum tau dan masih penasaran dengan sejarah terbentuknya Android, perusahaan pembuatnya, dan dalang di balik suksesnya sistem operasi mobile nomer satu di dunia ini, tulisan ini cocok banget untuk kamu baca. Yuk, langsung disimak aja ya!

Sejarah Singkat Android

Sebelum dimiliki oleh Google, Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc. yang didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.
Perusahaan ini sendiri memang sedari awal sudah didukung secara finansial oleh Google sebelum akhirnya dibeli pada tahun 2005. Walaupun sudah dibeli oleh Google, tapi para pendiri Android, seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan.
sejarah-android-htc-dream
Akhirnya, pada tahun 2007, dirilislah sistem operasi pertama Android dengan ditandai juga didirikannya Open Handset Allience (OHA) yang tidak lain dan tidak bukan adalah bekerja untuk melakukan pengembangan standar terbuka bagi perangkat seluler. Di tahun 2008, akhirnya dirilislah HTC Dream, HP pertama yang menggunakan sistem operasi Android.

Tujuan Awal Bukan Untuk Sistem Operasi HP

Walaupun sekarang Android telah sukses dan digunakan oleh setiap vendor smartphone untuk menunjang kinerja produknya, tapi ternyata awal mulanya Android dikembangkan untuk kamera digital lho. Namun, sadar jika pasar untuk perangkat tersebut tidak telalu besar, akhirnya tujuannya pun dialihkan walaupun pada akhirnya ada kamera digital juga yang menggunakan sistem operasi ini.
sejarah-android-tujuan-awal
Setelah itu, Android akhirnya dibuat untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile. Namun, agar informasi tentang sistem operasi ini tidak bocor ke para rivalnya, pengembangan sistem operasi ini dilakukan secara diam-diam, walaupun para pengembangnya sendiri adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman.

Nasib Para Pendiri Android

Walaupun para pendiri Android akhirnya ikut bekerja ketika Android dibeli oleh Google, namun akhirnya mereka mengundurkan diri dari perusahaan. Lalu bagaimana nasib mereka?
Rich Miner sendiri memang tidak sepenuhnya hengkang dari tim Android beberapa waktu setelah perusahaan Android Inc. dibeli oleh Google, dia kahirnya bergabung dengna tim Google Venturesdi bulan Maret 2009 dan berkantor di Cambridge, MA.
sejarah-android-pendiri
Andy Rubin sendiri yang mendirikan Android Inc. akhirnya hengkang dari Google setelah menduduki beberapa posisi penting, seperti Senior Vice President of Mobile and Digital Content, dan mengepalai proyek barunya Google. Pada Oktober 2014, akhirnya dia hengkang dan pada November 2017, Rubin memperkenalkan perusahaan smartphone-nya yang bernama Essential.

Versi-Versi Android

sejarah-android-versi
Di bawah ini menunjukkan versi-versi Android yang telah dirilis dari pertama sampai versi Android terbaru yang mungkin belum semua merasakannya. Dari tabel ini bisa kita lihat bagaimana sistem operasi Android terus tumbuh seiring perkembangannya teknologi. Yuk, langsung disimak!
VersiCodenameTanggal Rilis
1.0Astro Boy23 September 2008
1.1Bender-
1.5CupcakeMei 2009
1.6DonutSeptember 2009
2.0-2.1Eclair26 Oktober 2009
2.2Froyo20 Mei 2010
2.3Gingerbread6 Desember 2010
3.1Honeycomb10 Mei 2011
4.0.3Ice Cream Sandwich16 Desember 2011
4.1.xJelly Bean9 Juli 2012
4.4KitKat31 Oktober 2013
5.xLollipop15 Oktober 2014
6.0Marshmallow10 Agustus 2015
7.0Nougat22 Agustus 2016
8.0Oreo21 Agustus 2017

Akhir Kata

Nah, jangan cuma pake HP Android aja ya guys, kamu juga harus tau sedikit banyak sejarah Android. Siapa yang sangka kan ternyata sistem operasi Android dulunya dikembangkan untuk sebuah kamera. Bayangin deh kalo dulu akhirnya jadi buat kamera dan nggak ada smartphone Android, pasti sekarang manusia akan tersiksa banget kan?
Source : https://jalantikus.com/gadgets/sejarah-android/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar